• Ditulis oleh : Admin  11 Sep 2024 04:09 WIB

Universitas Catur Insan Cendekia Gelar International Community Services

Foto : Dokumentasi Universitas Catur Insan Cendekia

Upaya mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Catur Insan Cendekia menyelenggarakan kegiatan International Community Services yang bertemakan “Empowering Micro, Small, and Medium Enterprises in the Global Economy” pada tanggal 9 September 2024. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Internasional antara Universitas Catur Insan Cendekia dan African Institute for Multidisciplinary Studies (AIMS), Somalia yang dihadiri oleh sekitar 120 peserta yang terdiri dari para pelaku UMKM, akademisi, serta mahasiswa. 


Kegiatan ini berlangsung di Auditorium CIC dengan menghadirkan empat pembicara yang berkompeten dalam memberikan informasi mengenai pemberdayaan UMKM yaitu Rektor UCIC Assoc. Prof. Dr. Chandra Lukita, S.E., M.M., Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Prof. Dr. Ir. H. M. Yani Syafei, M.T., CSBA., H. Iing Daiman, S.IP., M.Si., selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, dan salah satunya delegasi dari negara Somalia yaitu Abdisamad Abdirahman Omar, Ph.D., sebagai Direktur African Institute for Multidisciplinary Studies (AIMS), Somalia.


Dalam sambutan Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, dengan adanya kegiatan ini menjadi salah satu jalan untuk para pelaku UMKM untuk Go Internasional, tidak hanya memperkenalkan produk UMKM di daerah Cirebon, akan tetapi produk UMKM ini dapat dikenal di masyarakat global. Ditambah lagi, dalam sambutannya Rektor UCIC mengatakan bahwa UCIC memiliki harapan untuk UMKM yang dibina oleh UCIC memiliki potensi yang dapat dibawa ke ranah Internasional. Pelaku UMKM harus terus belajar dalam melakukan inovasi dan berkreasi. Ini menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk menyampaikan hambatan yang dialami dalam meningkatkan kualitas produk dan pemasaran produk-produk UMKM. 
Tidak hanya itu, Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) menyampaikan beberapa hal dengan tema “The Importance of Maintaining Good Product”. Dalam pemaparan materinya, peningkatan Kualitas Produk yaitu Produk yang dilakukan dengan suatu proses yang baik akan menjadi kualitas produk yang baik. Kualitas produk juga harus dijaga dengan berpegang pada Quality - Cost - Delivery – Flexibility serta Hubungan Produk dan Proses: Yaitu Input (Metode, Lingkungan - Mesin, Material - Orang) lalu Proses setelah itu Output (produk). 


Materi inti dari kegiatan ini disampaikan oleh Abdisamad Abdirahman Omar, Ph.D., sebagai Direktur African Institute for Multidisciplinary Studies (AIMS), Somalia dengan tema “Navigating The Digital Landscape : Opportunities And Challenges For Virtual Branding And Supply Chains”. Dalam pemaparan materinya mengutarakan bahwa sangat penting untuk pelaku UMKM beradaptasi di era digitalisasi. Hal ini meliputi pemahaman dan pemanfaatan peluang yang tersedia, serta kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi tantangan yang mungkin timbul dalam berbisnis untuk pelaku UMKM.


Kegiatan International Community Service ini merupakan bentuk implementasi kerja sama yang nyata dan menunjukkan komitmen kuat UCIC dalam membangun kemitraan UMKM yang strategis Selain itu, hal ini sejalan dengan upaya untuk mendukung visi dan misi UCIC untuk berkontribusi secara nyata kepada masyarakat melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.