• Ditulis oleh : Admin  27 Jun 2024 20:06 WIB

Seminar Kemudahan Ekspor Bagi UMKM yang Siap Naik Kelas

Foto : Dokumentasi Universitas Catur Insan Cendekia

Cirebon, 26 Juni 2024 - Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) menggelar seminar bertajuk "Kemudahan Ekspor Bagi UMKM yang Siap Naik Kelas" pada hari Rabu, 26 Juni 2024. Seminar ini dimeriahkan oleh hadirnya para pelaku UMKM, Praktisi Industri, Dosen, Mahasiswa, dan Pemerintahan Kota Cirebon. Seminar ini sangat spesial karena dihadiri oleh beberapa tokoh ternama, di antaranya Ketua KADIN Kota Cirebon Ibu Dra. Ismayasari, MM. AChFP, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Cirebon Bapak Mei Hari Sumarna, Sekretaris DKUKMPP Bapak Handi Sogiyanto, S,E, M.M, dan Praktisi Ekspor 90 negara Bapak Fajar Stevano Artha, S.T., M.T.

Seminar dibuka dengan sambutan Rektor UCIC, Bapak Assoc. Prof. Dr. Chandra Lukita, S.E., M.M. yang menyampaikan antusiasmenya terhadap seminar ini. Beliau mengungkapkan bahwa lebih dari 20% usaha yang bertahan di masa pandemi COVID-19 adalah UMKM. Hal ini menunjukkan potensi besar UMKM untuk terus berkembang dan naik kelas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kesiapan Dosen Industri oleh Direktur Skillbridge Ibu Mei Annisa dan Managin Direktur PT. Visi Arlion Internasional Bapak Fajar Stevano Artha, S.T., M.T. serta penandatangan berita acara oleh para Narasumber dan Rektor UCIC. Dimeriahkan juga dengan pemberian sertifikat dan cenderamata kepada para narasumber. Pada sesi inti, para narasumber memaparkan materi terkait kemudahan ekspor bagi UMKM.

Bapak Mei Hari Sumarna dari Bea Cukai Cirebon menjelaskan tentang seluk beluk ekspor, mulai dari definisi, kategori barang ekspor, tata cara ekspor, hingga alur perdagangan internasional.

Bapak Fajar Stevano Artha, S.T., M.T. praktisi ekspor dengan pengalaman di 90 negara, berbagi tips dan trik sukses ekspor dengan hanya bermodalkan koneksi internet. Beliau mengajarkan cara riset pasar produk menggunakan platform digital dengan mudah dan murah.

Materi terakhir, disampaikan oleh Bapak Rifqi Fahrudin, M.Kom Ka. Incubator Center CIC Hub memaparkan peran CIC Hub dalam mendukung UMKM Kota Cirebon. Beliau menjelaskan berbagai program dan layanan yang disediakan oleh CIC Hub untuk membantu UMKM meningkatkan daya saing dan menembus pasar global.

Pada akhir seminar, para peserta diberikan kesempatan untuk diskusi dengan para narasumber yang berlangsung sangat seru. Seminar ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan motivasi bagi para UMKM di Kota Cirebon untuk berani melangkah ke pasar internasional. Dengan berbagai kemudahan dan dukungan yang tersedia, diharapkan UMKM Indonesia dapat terus berkembang dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Seminar ini merupakan salah satu bentuk komitmen UCIC dalam mendukung kemajuan UMKM di Kota Cirebon. UCIC berharap dapat terus membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar global.

#UMKM Naik Kelas #CICHub #KolaborasiCIC

 

Berita: Nayla Nakheisa Wahyudi