• Ditulis oleh : Admin  30 Dec 2024 14:12 WIB

PELATIHAN BUSTER H GODI 2024

Foto : Dokumentasi Universitas Catur Insan Cendekia

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon bekerja sama dengan Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon menyelenggarakan Pelatihan dan Bimbingan Usaha Terpadu Wirausaha Go Digital (BUSTER H GODI) di Auditorium lantai 3 kampus UCIC. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, dari hari Sabtu, 21 Desember hingga hari Senin, 23 Desember 2024. Pelatihan ini juga bertujuan untuk membantu UKM menghadapi tantangan era ekonomi digital sekaligus meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.

Kegiatan ini diselenggrakan dalam rangka mendorong transformasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) menuju era digital. Peserta kegiatan ini adalah pelaku UMKM Kota Cirebon sebanyak 100 UMKM. Peserta mendapatkan banyak materi dari narasumber yang cukup handal, materi dikonsep untuk dapat  meningkatkan skill dalam mengelola bisnis berbasis digital.

Pada hari pertama kegiatan pelatihan yang diawali oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Cirebon, sekaligus membuka acara secara resmi kegiatan Bimbingan Usaha Terpadu Wirausaha Go Digital Tahun 2024, Dr. H. Iing Daiman, SIP., M.Si. beliau menekankan agar para pelaku UMKM mampu berinovasi dan mahir dalam berteknologi digital. Selain itu juga dalam sambutannya Dekan Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon Marsani Asfi, M.Si. mengatakan “semoga dengan adanya Pelatihan dan Bimbingan Usaha Terpadu Wirausaha Go Digital (BUSTER H GODI) ini mampu membuat pelaku UMKM di Kota Cirebon Go Digital” tuturnya.

Dalam hari pertama ini menghadirkan beberapa pemateri yang tergabung dalam Team Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UCIC dengan materi yang diberikan adalah Motivasi Bisnis dimana materi ini memberikan wawasan tentang bagaimana membangun pola pikir bisnis yang kuat, materi ke dua adalah Cutomer Distribution and Market yang berisikan tentang bagaimana mengulas strategi pemasaran, distribusi, dan analisis pasar, lalu materi terakhir dihari pertama adalah Creativity and Design Thinking yaitu materi yang memacu peserta untuk berpikir kreatif dalam menciptakan solusi dan produk inovatif..

Sementara di hari kedua ada materi Branding dan Ekosistem Bisnis yang terdiri dari materi: Value & Packaging: Design & Branding Product sesi ini membahas pentingnya desain kemasan dan branding untuk meningkatkan daya tarik produk yang disampaikan oleh Team Dosen dari Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Tekhnik Informasi (FTI) UCIC, Business Ecosystem Design semua peserta diajak untuk memahami pentingnya membangun ekosistem bisnis yang solid, materi terakhir hari kedua adalah Financial Visibility materi yang memberikan pengetahuan tentang perhitungan harga pokok produksi sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis.

Pada hari terakhir materi berfokus pada Digitalisasi UKM, dimana materinya adalah Digital Marketing, yang membahas strategi pemasaran berbasis digital yang relevan di era modern, lalu dilanjutkan dengan materi Legalitas Usaha dan Pengelolaan SDM yang membahas pentingnya manajemen sumber daya manusia dan aspek legalitas untuk mendukung keberlanjutan usaha. Sebagai penutup dari kegiatan pelatihan ini adalah peserta diberikan materi dan juga diperkenalkan pada E-Commerce & Pemanfaatan IT (AI), di mana pesrta belajar bagaimana memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk mengoptimalkan bisnis online. Dari sekian rangkaian kegiatan pelatihan selama kurun waktu tiga hari dan dengan berbagai macam materi yang diberikan dari narasumber yang berkompeten akhirnya pelatihan ini berakhir dengan sukses. Dalam penutupan kegiatan yang ditutup oleh Kepala Bidang Koperasi dan UKM DKUKMPP Kota Cirebon, Bapak Dedi Fachrudin, S.E., M.Si., menyampaikan harapan agar peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama pelatihan untuk mengembangkan bisnis mereka.

(RD, RETOTIK UCIC)