• Ditulis oleh : Admin  19 Oct 2024 13:10 WIB

Kuliah Umum Menanamkan Karakter Mahasiswa di Era Teknologi 4.0.

Foto : Dokumentasi Universitas Catur Insan Cendekia

Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon mengadakan kuliah umum yang bertemakan “Karakter Yang Harus Dimiliki Mahasiswa di Era Teknologi 4.0” di Gedung Auditorium, Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Jl. Kesambi No. 202, Kec. Drajat, Kota Cirebon pada hari Jumat Tanggal 18 Oktober 2024. Kuliah umum ini menghadirkan narasumber yang merupakan sosok tidak asing lagi di dunia pendidikan tingkat Perguruan Tinggi yaitu Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten yakni Dr.H.M.Samsuri, S.Pd., M.T., IPU. dan juga segenap civitas akademisi UCIC Cirebon, mahaiswa dan stakeholder.

Rektor Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon Assoc. Prof. Dr. Chandra Lukita, S.E., M.M., dalam sambutannya menekankan betapa pentingnya karakter mahasiswa yang memiliki kreativitas, keterampilan teknologi, dan memiliki kemampuan problem solving di era teknologi 4.0.” Menurutnya, dengan memiliki karakter tersebut mahasiswa akan menjadi agen of change yang  memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan beretika serta tanggung jawab digital.

Dalam pemaparannya pada kuliah umum, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten yakni Dr.H.M.Samsuri, S.Pd., M.T., IPU. menyampaikan “bahwa mahasiswa Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon sudah harus kita perkenalkan untuk bertransformasi ke teknologi 4.0. Jika era tekonologi ini tidak bisa kita lalui, kita akan ketinggalan dengan mahasiswa dari Perguruan Tinggi Swasta lainnya. Maka dari itu saya hadir disini untuk memberikan ilmu dan informasi mengenai karakter yang harus dimiliki seorang mahasiswa di era teknlogi 4.0.”

Hadir juga dalam kuliah umum ini yakni Rosy Febriani Daud, M.I.Kom. dosen Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon yang juga satu almamater dengan Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten ikut serta memberikan respon positip terkait kegiatan kuliah umum ini, “Saya sangat senang bisa mendapatkan ilmu dari Bapak Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten meskipun tujuan terfokus pada mahasiswa, tetapi bukan hanya mahasiswa saja yang harus memiliki jiwa kreativ, memiliki keterampilan teknologi, kemampuan adaptasi, kemampuan problem solving, kemampuan berkomunikasi hingga etika dan tanggung jawab digital namun itu kemampuan tersebut harus juga dimiliki seorang dosen, bagaimana ingin menerapkan ke mahasiswa jika dosennya saja tidak mampu bahkan tidak memiliki karakter tersebut” ujarnya saat ditemui dilokasi kuliah umum berlangsung.

Kuliah umum ini juga dihiasi dengan sesi tanya jawab yang sangat interaktif, di mana hampir semua mahasiswa sangat antusias dan aktif berpartisipasi, mengajukan beberapa pertanyaan dan berdiskusi karakter mahasiswa di era teknlogi 4.0.

Acara kuliah umum ini sangat diharapkan mampu memberikan ilmu yang bermanfaat dan wawasan baru bagi para mahasiswa tentang karakter di era teknologi 4.0.

(RD)